Selasa, 28 November 2017

Pesan Tiket Kereta #JadiBisa Lebih Mudah, Cepat, dan Menyenangkan Tanpa Antre Lagi


Hallo, para petualang!

Suka jalan-jalan atau bepergian juga donk? Reservasi atau pemesanan tiket menjadi hal penting untuk kita yang sering bepergian. Saat ini kita disuguhkan berbagai pilihan untuk melakukan pemesanan tiket, yaitu secara online dan juga offline.

Bagi yang masih suka melakukan pemesanan tiket secara offline itu sah-sah saja. Tapi kadang kala kita terbentur oleh padatnya jadwal kegiatan dan sedikitnya waktu luang untuk mengantre. Oleh karena itu, saya sarankan mulai bersahabatlah dengan pemesanan online untuk mengefektifkan waktu dan energi tentunya.

Sejak 2013, waktu zamannya harus bolak balik Bandung – Pekanbaru karena Long Distance Marriage (LDM), saya adalah pelanggan setia aplikasi Traveloka, hampir semua fitur dalam aplikasinya sudah saya coba. 

"Kisah cinta LDM #JadiBisa lebih mudah gara-gara aplikasi ini #tsaah. Dan kesannya tetap sama: simple, praktis, tidak ribet, dan lebih murah."

Semenjak pindah ke Kota Malang dan terbebas dari LDM, saya dan suami lebih sering menggunakan moda transportasi kereta api untuk bepergian, baik itu untuk berlibur, mudik, maupun urusan pekerjaan. Sudah bukan rahasia lagi, kalau dulu kita harus mengantri di stasiun untuk membeli tiket beberapa hari sebelumnya. Akan tetapi, saat ini kita tidak perlu melakukannya lagi. Pemesanan bisa dilakukan di rumah, sambil dasteran, minum kopi, dan dengan santai klak klik handphone melalui aplikasi Traveloka.


source: web traveloka

Kisah Saya dan Traveloka


Cukup banyak pengalaman saya dan keluarga bersama Traveloka. Salah satu  pengalaman yang sulit dilupakan adalah ketika saya reservasi dan uang yang ditransfer tidak sesuai dengan angka unik yang diminta oleh aplikasi Traveloka. Akhirnya E-tiket tidak terbit-terbit. Tentu saja hal tersebut berhasil membuat saya panik, karena takut uang saya tidak kembali. Kemudian saya menghubungi customer service Traveloka melalui e-mail. Di luar dugaan saya mendapat respon yang tidak hanya baik tapi juga cepat. Sehingga saya bisa mendapat uang kembali tanpa potongan sama sekali yang ditransfer melalui rekening yang saya lampirkan melalui email tersebut, dan direkomendasikan untuk melakukan pemesanan ulang.

Pengalaman ini sih yang membuat saya susah beranjak dari aplikasi yang satu ini. Trusted  dan membuat saya sebagai customer merasa aman melakukan transaksi online.

Bagi saya dan keluarga, Traveloka bukan hanya wujud dari perkembangan teknologi, tapi tentang bagaimana teknologi memberikan kemudahan dalam keseharian.

Kenapa harus pake Traveloka?


Kenapa saya lebih suka menggunakan aplikasi ini? Literally, TRAVELOKA punya beberapa keunggulan yang sangat memudahkan kita sebagai penggunanya

Partner resmi KAI

Traveloka merupakan salah satu penyedia jasa penjualan tiket resmi yang berpartner resmi dengan PT Kereta Api Indonesia. Jadi kita tidak perlu khawatir penipuan, tiket tidak valid, atau nomor kursi ganda. Karena jaringannya langsung terkoneksi dengan PT KAI. Sehingga jumlah kursi tersedia, jadwal keberangkatan, rute perjalanan, sama persis dengan data yang dikeluarkan oleh PT KAI.

Passanger QuickPick

Nah, fitur passanger quickpick ini yang menurut saya sangat memudahkan kita sebagai passanger yang seringkali bepergian. Kita bisa menggunakan data yang sudah kita input sebelumnya untuk melakukan pemesanan tiket pada jadwal berikutnya. Jadi, untuk saya yang hampir sebulan sekali (sampai tiga kali) harus memesan tiket untuk urusan bisnis bersama suami, rasanya sangat dimudahkan, karena kita tidak lagi harus nyontek Nomor KTP lagi saat melakukan pemesanan tiket.

Bisa pilih kursi

Kemudahan lainnya adalah saat pemilihan kursi. Secara visual kita bisa mengklik nomor kursi sesuai dengan posisi yang kita inginkan. Tentu saja selama nomor kursi tersebut masih tersedia. Kan lucu juga kalau kita pergi berdua, lalu tidak bisa memilih tiba-tiba duduknya terpisah, hehe..

Last minute booking sampai 3 jam sebelum keberangkatan

Kebayang nggak kalau tiba-tiba kita harus berangkat ke suatu tempat secara mendadak. Sedangkan jarak antara rumah dan stasiun cukup jauh, ditambah harus mengantre saat reservasi tiket? Yah, saya pernah mengalami ini. Tiketnya untuk suami saya, rumah kami cukup jauh dari stasiun, sedangkan suami saya masih harus kuliah. Akhirnya fitur last minute booking ini penyelematnya. Saya bisa memesan tiket dari rumah, melakukan pembayaran, dan mengirimkan E-Tiket Kereta Api ke suami saya. As simple as that.
Semua #JadiBisa lebih mudah dan #JadiBisa lebih menyenangkan dengan Traveloka.

6 Langkah Mudah Memesan Tiket Melalui Traveloka


Nah, untuk temen-temen yang baru pertama kali menggunakan atau memesan tiket kereta api melalui Traveloka, saya share tutorial menggunakannya ya,gampang banget kok!

1. Masuk ke website traveloka atau unduh aplikasinya di playstore. 

Pembelian tiket melalui traveloka bisa dilakukan melalui websitenya atau aplikasi mobile. Duaduanya sama praktisnya kok. Kelebihan menggunakan aplikasi, kita bisa lebih cepat lagi mengaksesnya dan lebih cepat tahu kalau Traveloka mengeluarkan berbagai promo-promo menariknya. 

Selain itu, kita bisa menggunakan fitur Passanger QuickPick, jadi tidak usah ribet dengan memasukkan data berulang-ulang kali.

Step 1. Pilih tiket Kereta 

2. Pilih Tiket Kereta Api, lalu Pilih Rute dan Jadwal Keberangkatan.

Klik Pulang Pergi jika ingin membeli kereta untuk pulang dan pergi dengan rute yang sama.

Step. 2 Pilih Rute, Jadwal, dan Jumlah Penumpang

3. Pilih Kereta yang diinginkan.

Dan di aplikasi traveloka kita bisa mengurutkan pilihan berdasarkan harga, baik dari yang termurah maupun yang termahal. Selain itu, bisa juga memfilter pilihan berdasarkan jadwal, kelas kereta, maupun nama kereta.


4.Isi data penumpang dan Pilih Kursi

Untuk mengisi data penumpang kita hanya perlu menyiapkan Nomor KTP atau SIM, Paspor, Kartu identitas lainnya.
Step 4. Bisa langsung klik nama-nama yang ada jika sudah pernah pesan 
Pilih kursi yang masih tersedia

5. Lanjut ke Pembayaran, Pilih Metode Pembayaran dan Lakukan pembayaran sesuai pilihan.

Tips dari saya, pilih metode pembayaran yang paling memudahkan. kalau saya biasanya menggunakan fitur transfer menggunakan mbanking :)




6.Terbit deh E-Tiket

Nah, ini contoh e-tiket kereta api saya yang terbaru. Hitungan menit sudah bisa pesan tiket tanpa antri.
contoh e-tiket yang mudah untuk dishare


"Traveloka dulu, senang-senang kemudian."

2 komentar: