Selasa, 09 Agustus 2016

5 Hal yang wajib diobrolin sebelum NIKAH sama si dia !


sumber foto: vemale.com

Yeeiy, kita bahas nikah yuk! Banyak yang suka curhat tentang masalah yang satu ini lho. Jadii... Sebelum menikah banyak calon mempelai pria dan (terlebih lagi) wanita cenderung mengimajinasikan kehidupan rumah tangga itu serupa yang di sinetron-sinetron ntu tuuh.. yang indahnya kebangetan, tiap pagi bangun si istri dandan cantik udah pake ngeblow rambut segala, nyeduh kopi, bikinin sandwich, trus benerin dasi si papih sebelum ngantor. Ealaaah gambar pemandangan di tugas ngegambar masih kalah mainstream sama adegan ini kan? haha

In another case, ada yang udah ngebayangin kehidupan rumah tangga itu mengerikan, penuh dengan penderitaan. Istri dibentak karena si suami kecapean di tempat kerja, gelas yang isinya air putih dibanting, terus istrinya senggukan masuk kamar sambil meluk anaknya yang nanya, “Ayah marah-marah lagi ya, Ma?” langsung diiringi musik, jeng jeng jeeeeeeng!! 
Parno dah nggak jadi nikah nikah kalo bayangannya ala sinetron yang ini, hiks!

*please nggak usah sibuk nyariin judul dua adegan di atas ya #LOL.

Lha terus bagusnya ngebayangin yang kayak gimana donk?
Kalo aku sih nyaranin, gak usah ngebayangin dua titik ekstrem ala ala sinetron deh.
Kenapa? karena setiap kita membawa pribadi yang unik, pun dengan pasangan kita. Nggak akan ada kehidupan pernikahan yang sama persis perjalanan dan prosesnya, nggak akan ada, dijamin! Kalaupun ada, itu cuman di beberapa hal aja, dan itupun sifatnya sangat relatif.

So, kamu mau nikah dan bingung harus nyiapin apa aja? Siapin duit, ilmu, dan lurusin niat. haha..
Atau udah oke semuanya tapi kamunya  masih parnoan takut ini itu? Hmmm.. Aku rela bangett share pengalaman dan pengamatanku buat kamu, kamu, dan kamu! Semoga kamu juga serela aku ya #maksa!

#1 Obrolin visi pernikahan sama si sang calon [bukan sang mantan! ]


Ups, serius banget pake visi segala, udah kayak pemilihan gubernur aja. Eits, jangan salah, pernikahan lebih penting lho dari pemilihan gubernur. Investasi dunia dan akhirat maak! *kibas jilbab dikit.

Intinya mau nggak mau kita dan pasangan harus sama dulu arah pandang, arah mimpi, dan menuju kemana.

Mau dibawa kemana pernikahan kitaaaa~~~

Bukan apa-apa, banyak lho perempuan yang merasa ‘terkorbankan’ mimpinya setelah menikah, padahal bukan salah lakinya juga, tapi kesalahan komunikasi di awal. Kalaupun harus berkompromi, ini bisa dilakukan di awal kok. Pasti nemu titik temu kalo visinya udah searah. Contohnya, visinya itu membangun keluarga yang terbuka, bahagia, dan ceria. Si suami akan mengizinkan istrinya bekerja, asal kerjaannya nggak sampe malem. Si istri bersedia menunda kuliah sampai anaknya usia lima tahun misalnya, de el el ya.


#2 Cek ricek masalah finansial masing-masing.


Finansial? Duh tabu rasanya. malu deh masa belum apa-apa ngomongin duit.
Sssttt, cek deh berapa banyak pasangan yang rumah tangganya porak poranda karena masalah finansial. Ya gimana gak dianggap penting ya, apa-apa sekarang pake biaya, meskipun tetep ya kita gak bisa menjadikan ini segala-galanya.

Maksud aku gini, poin yang dibahas adalah tentang kebiasaan mengelola uang. Nggak jaminan lho perempuan lebih baik pengelolaannya, apalagi sebaliknya, eh! Jadi sebelum nikah, sama-sama ngaca nih, siapa kira-kira yang akan jadi menteri keuangan dalam rumah tangga. Nah, kalo perlu transparan aja masalah cash-flow bulanan. Misal, jujur tentang hutang dan cicilan masing-masing. Jangan sampe, sepulang honeymoon dibikin stress karena baru tahu honeymoon sama resepsi modal utangan yang ditanggung sendirian. Nah kan..! amit-amit ya.

#3 kenali pola komunikasi kalian dengan orang tua masing-masing


Ini penting untuk menyesuaikan cara berkomunikasi kita dengan mertua. Karena ketika menikah, bukan hanya tentang kita dan pasangan, tetapi juga tentang dua keluarga besar. Misal, pasangan kita terbiasa menelepon orang tuanya setiap hari, nah kita harus maklum ketika perlahan kebiasaan itu masih kebawa setelah menikah. Atau ada juga yang dingin aja gitu komunikasinya cuman say hai assalamu’alaikum wa’alaikumsalam, kita jadi bisa menyesuaikan untuk gak over-excited depan mertua. Hihi.. 


#4 kenali dunia kerja kamu VS dunia kerja pasangan


Jam kerja beberapa profesi memakan porsi yang lebih besar dibanding porsi di rumah. Apalagi yang dapet pasangan doyan lembur, duh selamat cari lemburan juga, eh haha. Banyak yang salah paham dan akhirnya kejebak cemburu buta lantas over protected terhadap pasangannya, ini terjadi lantaran kita shock sama dunia kerja pasangan. Pas sebelum nikah adem ayem karena belum tinggal bareng juga kali. Absen-absen lapor pas pacaran mah udah biasa. 

Jadi, be aware dunia kerja apapun beresiko sama yang namanya menyulut curiga atau merasa diabaikan, tugas kita ya mengerti dunia kerja itu sebagai bagian dari tanggung jawab pasangan terhadap pilihan pekerjaan/profesinya, tinggal terus tumbuhkan kepercayaan, support deh lahir batin dunia akhirat, ceileh!

#5 Kenali hal-hal yang sensitif untuk pasangan


Jangan anggap remeh nilai-nilai yang dianut pasangan. 
Nilai apaan tuh? Nilai raport, ya bukanlah! Maksudnya value kehidupan yang cenderung dia pilih dan perjuangkan dalam hidupnya. Berat ya, haha... misal gini, ada orang yang kelewat hemat karena nilai dia ada di tabungan. Tabungan makin bengkak, makin ngerasa aman lah orang itu. Nah, berjodohlah si hemat kelewat batas ini sama si altruis. Altruis itu punya nilai pengen nyenengin orang terus, bahagia kalau bisa nolong orang, seneng traktir orang. Ada gap kan? Nah, that’s why ini harus dikenali oleh satu sama lain yang mau menikah.

**

Terus kalo lima poin ini bisa dikuasai apa jaminan gak akan berantem setelah nikah? Big NO NO!
Kita ini manusia, makhluk dinamis, bukan robot. Kenapa ini semua harus dikenali, dibahas, dibicarakan, at least kita gak akan terlalu kaget ketika menemukan satu demi satu perbedaan dalam pernikahan.

Untuk menerima dan memahami 100% itu perlu penyesuaian, prosesnya sepanjang hidup, karena kita manusia yang udah dari sononya narsis ngerasa diri paling oke eh hehe..
Pernikahan itu janji suci yang saksinya bukan cuman penghulu dan saksi nikah aja, tapi disaksikan Tuhan semesta alam. Jadi kenapa sih kita harus mati-matian belain pernikahan biar langgeng juga bahagia, karena pertanggungjawabannya ya di depan Tuhan. Wassalam. *ambil wudhu dulu deh sayaaah!

Lima biji dulu aja ya, kalau ada yang mau nambahin boleh lho leave comment below this notes :D

**
Selamat menikah kamu, kamu, dan kamu!
Semoga kita semua dimampukan membangun sakinah mawaddah warrahmah di rumah tangga kita masing-masing.


Kamar adem dan udah rapi, 04082016

2 komentar:

  1. sayang banget aku udah..nikah..
    padahal mau ngomongin ini sama mantan #eh :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. papi hamiiiid ini kak nova ini mau ngomongin mantan hahahaha.. *tereak-tereak

      Hapus